Senin, 22 November 2010

MENGHASILKAN INDUKAN BERKUALITAS

MENGHASILKAN INDUKAN BERKUALITAS
IndukanYang berkualitas Akan memberikan Hasil yang maksimal pada jumlah burayak yang dihasilkan dan pertumbuhan BURAYAK yang lebih cepat, memang lobster betina yang baru pertama kali melakukan proses pemijahan pasti telurnya akan tampak sedikit oleh karena itu jangan kaget apabila ada lobster yang telurnya sedikit karena lobster baru belajar bertelur maka yang dihasilkan pun sedikit. tapi setelah malewati proses perkawinan berikutnya lobster tersebut akan menghasilkan butiran telur yang sangat banyak sekali ini bisa ditandai pada bagian perut (abdomen) yang sangat rapat sekali diseluruh bagian perutnya. sedang menggendong telur. untuk segmen Pembenihan sangat disarankan sekali sebaiknya melakukan pemilihan indukan (selective breeding) untuk mendapatkan indukan berkualitas dan baik.
Klik Gambar Untuk Detail

Kriteria Indukan berkualitas memiliki penampilan Sehat, besar dan cerah. serta mempunyai organ tubuh yang lengkap. tapi tidak sedikit para peternak yang sengaja membuntungkan capitnya bahkan ada yang dua - duanya khusus lobster betina! untuk apa? agar lebih cepat mengalami proses pemijahan. memang pada dasarnya lobster betina lebih dominan memilih lobster Jantan yang akan dipijahkan, tidak semua lobster jantan dapat diterima oleh lobster betina apalagi bila lobster jantan tidak lengkap capitnya. apabila tidak cocok meskipun mereka sering bertemu mereka tidak saling membuahi. ukuran lobster yang akan di jadikan indukan sebaiknya lobster yang berukuran paling besar dari satu generasinya yang dibesarkan tidak lebih dari 6 bulan sejak dari burayak. sengan bobot sekitar 55 - 75 Gram.
Klik Gambar untuk detail
Indukan Yang baik bukan dari hasil perkawinan sedarah (inbreeding) karena dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan lobster berkelamin Ganda (intersex) Artinya lobster air tawar memiliki 2 buah tonjolan daging penis dan memiliki 1 atau 2 lubang. begitu pun sebaliknya, lobster seperti itu bisa dikatakan tidak dapat membuahi, karena lobster yang berkelamin ganda lebih besar GEN nya ke lobster Jantan.

TIP's memilih Calon Indukan yang berkualitas
1. Beli indukan Ditempat Peternak Yang sudah berpengalaman
2. Pilih indukan yang pertumbuhannya lebih cepat diantara lobster - lobster yang lainnya
dalam 1 generasi.
3. Ketahui Asal - usulnya Lobster.
4. Jangan Pilih Yang berkelamin ganda.
5. Sebaiknya Lobster Dikawinkan minimal berukuran 5" atau kira - kira berumur 6 bulan.
karena semakin kecil lobster yang dikawinkan sangat berpengaruh pada anakan yang akan di
hasilkan, pertumbuhannya akan semakin lambat dan pada sisi jumlah telurnya sangat sedikit.
Teknik Pembenihan Lobster Air Tawar (LAT)
                                          Klik Gambar Untuk Memperbesar


Pembenihan yang di perlukan adalah Indukan berkualitas, Indukan seperti apa? yaitu indukan yang berkualitas super, prima, bongsor, yang memiliki Pertumbuhan lebih cepat di banding dengan teman-temannya dalam satu generasi. Pada Umumnya Indukan di Indonesia di jual Dalam bentuk set (5betina+3jantan). Indukan Lobster Air Tawar (LAT) yang berkualitas akan menghasilkan lobster dengan pertumbuhan yang lebih cepat. dan tau asal-usulnya dengan cara melakukan (selective breeding) agar tidak terjadi Perkawinan sedarah (inbreeding). karena dapat mengahasilkan lobster berkelamin ganda dan pertumbuhannya semakin lambat.

Komponen untuk pembudidayaan LAT khususnya untuk pembenihan tidak harus memiliki lahan yang terlalu luas, cukup menggunakan aquarium atau kolom semen, seperti halnya tempat untuk perkawinan, pengeraman induk yang bertelur, penetasan induk, hingga pembesaran lobster anakan hinga ukuran benih 2" atau 5cm dapat memakai Aquarium. Ya memang cukup sederhana sekali kita budidayakan lobster berbekal media hanya aquarium atau kolam semen. dengan bermodalkan awal 1 Set Indukan sudah dapat membudidayakannya. Dengan waktu 4-5 bulan sudah dapat memetik hasilnya, semakin bertambah usia dan ukuran lobster, jumlah telurnya terus bertambah, bayangkan ukuran 5 inci dapat menghasilkan telur hingga 300-400 butir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar